"Sebab itu Marilah Mendatangkan Damai Sejahtera dan Berguna untuk Saling Membangun"(Roma 14:19)

Selasa, 09 April 2013

DIKTAT HUKUM TATA NEGARA (HTN)




 

LITERATUR  HUKUM  TATA  NEGARA 

1.ABU DAUD BUSROH & ABU BAKAR BUSROH
            “ASAS-ASAS HUKUM TATA NEGARA”
2.M.KUSNADI & HERMAILY IBRAHIM
            “PENGANTAR HTN INDONESIA”
3.Von SCHMID
            “PEMIKIRAN TENTANG NEG & HKM”
4. NIMATUL HUDA
            “ HUKUM TATA NEGARA INDONESIA”
5. B. HESTU CIPTO HANDOYO
            “ HUKUM TATA NEGARA INDONESIA”
6.TITIK TRIWULAN TUTIK
            “POKOK-POKOK HTN PASCA AMANDEMEN UUD 1945”
7.SEPTIN NURWIJAYANTI & NANI. P
            “POLITIK KETATANEGARAAN”
8.IMAM ANSHORI SALEH
            “MEMBENAHI HUKUM DARI PROKLAMASI KE REFORMASI “
9.ARENF LIJPHART
            “SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER DAN PRESIDENSIL”
10.DENNY INDRAYANA
            “AMANDEMEN UUD 1945 (ANTARA MITOS & PEMBONGKARAN”
11.JIMLY ASSIDIQ
             - “HTN DARURAT”.
             - “POKOK-POKOK HTN INDONESIA PASCA REFORMASI”
             - “MEMBANGUN JALAN DEMOKRASI”
             - “SENGKETA KEWENANGAN ANTAR             LEMBAGA”
             - “GREEN CONSTITUTION” 
n  BAB I.
PENDAHULUAN
A.ISTILAH HUKUM TATA NEGARA

   1.BELANDA   STAATSRECHT  (HTN)

   2.JERMAN     VERFASSUNGSRECHT
                                                  ( HTN)

            3.JERMAN   VERWALTUNGSRECHT
                                                  ( HAN )
n STAATSRECHT
( HTN )
DAPAT DIBEDAKAN MENJADI :

1.STAATSRECHT IN RUIMERE ZIN
            HTN DALAM ARTI LUAS ( HTN +
            HAN )
2.STAATSRECHT IN ENGERE ZIN
            HTN DALAM ARTI SEMPIT ( HTN )
n  PENGERTIAN  HTN
n  TIDAK TERDAPAT KESATUAN DALAM PEMBERIAN DIFINISI HUKUM TATA NEGARA, DISEBABKAN :

            1.PERBEDAAN PENDAPAT

            2.PERBEDAAN SISTEM YANG DIANUT   
      OLEH NEGARA-NEGARA
n  MENURUT SARJANA
                         MAC IVER
     HTN                  HUKUM YANG MENGATUR
                                                                NEGARA
                                                                (CONSTITUTIONAL LAW)

                     YAITU        HK YG OLEH NEGARA DIGUNAKAN                           UTK  MENGATUR         SESUATU
                                                      SELAIN  NEG YG DISEBUT
                           HK BIASA (ORDINARY LAW)                                                                                             

B.M.KUSNADI & HERMAILY IBRAHIM

    HTN                   SKPLAN PERATURAN YG
                                                MENGATUR DRPD NEG,
                                                HUB ANTAR ALAT                                                                     PERLAKPAN NEG DLM
                                                GRS HORIZON & FERTKL,
                                                KDDUKAN WARGA NEG &
                                                HAK ASASI
                                               

n

C.LOGEMANN

    HTN                   MENGATUR ORG NEG, YG
                                                MELIPUTI :
             
      1.PEMBTKAN JAB & SUSUNANNYA
             2.PENGANGKATAN JAB
             3.KEWAJIBAN,TGS PD JAB TSB
             4.LINGKUNGAN,WIL & LINGK PERSONIL
             5.HUB KEWENANGAN JAB YG SATU DGN
                YG LAIN
             6.HUB ANTR JAB DGN PEMANGKU JAB                      

                                               
n  PEMBEDAAN  HTN
HTN DALAM ARTI
  1.A.FORMIL                                        BENTUK
              B.MATEREIL                          ISI
  2.A.UMUM                                          ASAS-ASAS
              B.POSITIF                                               HK POSITIF
  3.A.STATIS                                          SEMPIT
              B.DINAMIS                                             LUAS                     
n  PRAKTEK HTN
ADALAH                        KEGIATAN KENEGARAAN    

                                                  PEMERINTAHAN YANG

                                                  TERCAKUP DALAM BID                                 
                                                  HTN & HAN,YG MELIPUTI :                                                                           
1.LEGISLASI & PEBTK PERUU
2.ADM YG BERKENAAN DGN GIAT PENGELOLAAN INFOR & SEBAR LUAS
            INFOR HUKUM
3.PENDIDIKAN HK & PBINAAN PROFESI
            HUKUM
4.PENYLGRAAN HK/PLAKSN DLM ARTI
            PENERAPAN HK OLEH PELAKSANAAN
            YG DITENTUKAN OLEH HUKUM
5.ASPEK HK GIAT PENYELGGRAN ADM
            PEMERINTAHAN NEGARA
6.GIAT PENEGAKAN HK DR PENYIDIKAN
            DAN PENUNTUTAN HK
7.PENYELGGRAAN PERADILAN SPI PENGAMBILAN PUTUSAN HAKIM YG
            BERSIFAT TETAP
8.PLAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN
            DLM PEMASYARAKATAN TERPIDANA
9.PENDIDIKAN & PEMBINAAN KESADAR
            AN HUKUM MASYARAKAT
n KEGIATAN KENEGARAAN DAN PEMERINTAHAN
1.ASPEK PERKEMBANGAN (INSTELLINGEN)

2.PENGATURAN (REGELENDAAD)

3.PENGAMBILAN KEPUTUSAN

4.TUGAS-TUGAS KENEGARAAN
n TEMPAT DIPRAKTEKANNYA
HTN
1.LBG PARLEMEN : MPR,DPR,DPD,DPRD PROP,DPRD KAB/KOTA
2.LBG ADM PEMERINTAHAN EKSEKUTIF VERTICAL & HORINZONTAL
3.LBG PENEGAK HUKUM DARI PEJABAT PPNS,KEPOLISIAN,KEJAKSAAN,ADVOKAT,BADAN-BADAN PERADILAN & QUASI PERADILAN SECARA VERTICAL & HORIZONTAL
n BAB II
SISTEMATIKA  HTN
A.PENGERTIAN
            ILMU                         PENGETAHUAN YANG                                                    TERATUR TENTANG SEMUA                            BAHAN TERMASUK                                                                         DILAPANGAN.
v/d.POT                               TUGAS ILMU MEMISAHKAN
                                                YG PENTING DR YG KURANG
                                                PENTING,MENGGOL &                                                    MENJELASKAN & DIPEROLEH                         YANG BENAR
n  PENDAPAT SARJANA
A.  KRANEMBURG (HET NEDERLAN STAATS RECHT)
                FUNGSI NEG DIBDKAN MJD 3 :

                    MENGATUR DR KEHIDUPAN KLPK & CR BERKLPK

                    PELAKSANA/PERWUJUDAN DR HAL  YG DIATUR

                    REAKSI TERHADAP TINGKAHLAKU YANG BERTENTANGAN DENGAN PERATURAN & YG  MENGGANGGU PELAKSANAAN YANG ADA DLM PERUU SERTA ALAT PERLENGKAPAN /ORGAN YBS DGN FUNGSINYA
                               

n  B.LOGEMMAN
SISMTKA HTN DIDSRKAN DLM HUB DGN
WEWENANG DR MASG-2 JABATAN.
MBG SISMTKA MENJADI 2 SISTEM :
1.SIS MATEREIL (MATERIELE STELSEL
   MATIGHEID) YI : MENYELIDIKI, MLUKIS
            KAN & MENGURAIKAN TIPE DR NEG
            TTU DGN MPLAJARI PERUU & CORAK
            NEG YG HENDAK DIBENTUK (MSL :
            MASYA LIBERAL,SOSIALIS DLL)
2.SIS YG FORMAL (FORMALE STELSEL
            MATIGHEIDRECHT) YI : MPLAJARI PERUU YG MENETAPKAN BGMN ORG NEG ITU SDR,CARA MENYUSUN/MENETAPKAN ALAT PLENGKAPAN /ORGNNYA, WEWENANG & TUGAS SERTA KWAJIBAN DARI ALAT PLENGKAPAN NEG.

            SISTEM FORMAL INI DISEBUT JUGA SBG “COMPETENTIE LEER” (AJARAN TENTANG WEWENANG).
n FORMALE STELSELMATIGEHEIDRECHT
A.PERSONLEER (HK PADA UMUMNYA)
            TTG SUBYEK HK & FAKTOR-2 MENGE
            NAI SUBYEK HUKUM.
B.GEBEIDSLEER TTG RUANG LINGKUP
            KEKUASAAN HUKUM YANG MELIPUTI :
            1.PERSONNEGEBIED (THDP SIAPA
               BLKUNYA KEKUASAAN PENGADILAN
               NEGERI                                 
               2.RUIMTEGEBIED (RELATIVE COMPE
                 TENTIE) YI : MBHAS KEKUASAAN DI
                 DARAT (GRONDGEBIED), KEKUASA
                 AN DI LAUT (ZEEGEBIED) & KEKUA
                 SAAN DI UDARA (LUCTGEBIED)
               3.TIJDSGEBIED (HK INTEMPORAL)YANG      DIJALANKAN PADA WAKTU TERTENTU
               4.ZAKENGEBIED (ABSOLUTE COMPE
                 TENTIE) YI : APA YANG MJD KOMPE
                 TENSI PENGDL NEG (MIS :PID/PDT)
            C.LEER DER RECHTSBETREKKINGEN

                                AJARAN TENTANG HUBUNGAN                     HUKUM SEPERTI HUBUNGAN                         HUKUM ANTARA YANG MEMERINTAH        DAN YG DIPERINTAH, ANTARA     PEJABAT DENGAN PEJABAT                                         
n  C.HERMAILY IBRAHIM
                                SISTEM YANG FORMAL DI                                               SEBUT JUGA DENGAN
                                PENGERTIAN NEGARA ATAU                         YANG TETAP                                                                                       “ SEDANGKAN “
                                SISTEM YANG MATEREIL
                                DISEBUT JUGA DENGAN
                        ASAS-ASAS
n  D. PROF.BOEDISUSETYO
                                SIS YG MATEREIL YI TTG ISI
                                RANGKA YG DIPEROLEH DR
                                SISTEM YANG FORMAL.
                                SIS YANG FORMAL YI PNGERTIAN
                                YANG BLAKU UMUM YG BERKENA
                                AN DENGAN ORANG, NEGARA
                                TERTENTU, KERJA & JABATAN
n BAB.III
METODE PENDEKTAN HTN
A.PENGERTIAN
            BELANDA DISBT METHODE, INGGRIS
            DISBT METHOD, YUNANI DISEBUT METHODOS YG TDR DR KATA “META”+
            “HODOS” = “WAY” ADALAH “DE WEG NAAR” YI JALAN KEARAH ILMU PENGETA
            HUAN or CARA BEKERJA UTK MPEROLEH
            ILMU PENGETAHUAN
n  PROF.DJOKOSUTONO
METODE MENGANDUNG 4 ARTI :
1.WISSENSCHAFLEHRE  or THEORI der
            WETENSCHAP : MJLSKAN SMUA PER
            SOALAN TENTANG ILMU PENGTHUAN, TETEPI BUKAN TENTANG ISI.
            YANG DIJELASKAN ADALAH CARA KERJA,
            SISTEMATIKANYA & KONTRUKSINYA
            2.DE WEG NAAR, MENJADI 2 YI :
               2.a.INTELLECTUEEL PROCES (CARA
                 BERPIKIRNYA) YI DGN 2 CARA :
                 a.1.INDUKTIF EMPIRIS YI DARI UMUM
                       KE KHUSUS
                 a.2.DEDUKTIF PROCES (BERKENAAN
                                DENGAN SARANANYA) YI :
                       a.2.1.BGMN CARA MENGHIMPUN
                                                BAHAN-2,METODE INI DGN                                                           MENGADAKAN SAMPLING,                                                 SURVEY,RESEACH
                       a.2.2.ALAT-2 APA YANG DIGNKAN DLM
                                                PENYELIDIKAN (TEROPONG)                                                                                                      
            3.STANDPUNT  YI : PANGKALHALUAN
               DARI MN KITA MELIHAT SUATU MSLH
               MISAL : SUATU TINJAUAN DR SUDUT
                                    SEJARAH, SOSIOLOGIS

            4.METODE DLM ARTI “TUJUAN” YANG
               BERSEGI 2 YAITU :
               A.METODE MURNI (ZUIVERE METHODE)
                  BERHUB DENGAN ILMU PENGTAHUAN
                  MURNI (MISAL : BOM ATOM)                                     
              B.MTD TEORITIS (THEORITISCHE
                METHODE) YI DIPERGUNAKAN
                BERHUBUNGAN DGN ADANYA ILMU            PENGETAHUAN TEORITIS YANG
                MENGANDUNG MAKSUD PENDIDIKAN       TEORITIS
n BAB.IV
PENDEKATAN  HTN
1.METODE YURIDIS DOGMATIS

            METODE YANG MENCARI HUBUNGAN DAN PERBEDAAN OBYEK YANG DISELEDIKI DAN DISANDARKAN PADA FAKTOR-2 YANG ADA DI LAPANGAN HUKUM
2.HISTORIS YURIDIS
            MENDASARKAN DARI KENYATAAN
            SEJARAH DIMANA LEMBAGA NEGARA
            YANG DISELIDIKI DITINJAU DARI PER
            TUMBUHANNYA, PERKEMBANGANNYA
            SERTA SEBAB AKIBAT YG TERWUJUD
            DALAM NEGARA & MEMPERHATIKAN
            KEADAAN POLITIK,KMUDIAN DISUSUN
            ASAS-2 YG DIGUNAKAN DALAM PENYE
            LIDIKAN LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA
3.YURIDIS FORMAL

            MERUPAKAN PEGANGAN POKOK
            DALAM PENYELIDIKAN HTN TETAPI
            TIDAK SPESIALISASI KARENA DALAM
            PENDEKATANNYA MENGGUNAKAN
            METODE  YURIDIS FORMAL DIBANTU DENGAN METODE LAINNYA.
nBAB V
SUMBER HUKUM
SUMBER HUKUM DAPAT ADA 2 YAITU :
1.SUMBER HK MATEREIL
            MENENTUKAN ISI HK & MENGANDUNG ARTI YANG SEHARUSNYA MENJADI PERTIMBANGAN DALAM MENENTUKAN ISI HUKUM
2.SBR HK FORMIL
            MENENTUKAN BENTUK & WAKTU
n  CIRI SUMBER HK FORMAL
A.DIRUMUSKAN DALAM SUATU BENTUK
             PENTING UNTUK MEMBEDAKANNYA
             DARI NORMA-NORMA LAIN
B. BERLAKU UMUM
   MENGIKAT, DITAATI DENGAN PRUMUSAN     NORMA HK MAKA NILAI2 YG TKANDUNG DIDLMNYA MJD PATOKAN / PEDOMAN YANG BERLAKU UMUM
n  MENURUT SARJANA
A.USEP PRANAWIJAYA
            1. SUMBER HUKUM DALAM ARTI      MATEREIL           (WELBORN)
                SEBAGAI PENYEBAB ADANYA HUKUM
            2.  SBR HUKUM DALAM ARTI FORMIL                              (KENBORN)
                PERUMUSAN KAIDAH2 HTN YANG                TERDAPAT DALAM MASYARAKAT
                               
B.BUDI SUSETYO
            1.SBR SBG ASALNYA HTN (WELBORN)
                 BERSBR DR KEPTSAN PENGUASA                YANG PUNYA KEWENANGAN DALAM          AMBIL KEPUTUSAN
            2.DALAM ARTI HTN TSB DPT DIJUMPAI
                 SBR YANG ASLI TDK HANYA DIJUMPAI       DALAM SUATU NASKAH TERTULIS               TETAPI HANYA BERWUJUD SUATU    TINDAKAN SAJA (YANG BERULANG)           
C.JUNIARTO
1.SUMBER HUKUM DALAM PENGERTIAN “ASALNYA HUKUM POSITIF”.
            DAPAT BERBENTUK NYATA YANG BEBERAPA PERATURAN DARI YANG BERWENANG UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN
2.SBR HUKUM DALM ARTI SBG BENTUK2 HKM & TEMPAT DITEMUKANNYA ATURAN HUKUM TSB
3.SBR HUKUM DALAM PENGERTIAN SBG HAL2 YG SEHARUSNYA MENJADI HUKUM POSITIF
D.MOCH. KOESNADI

            1. SUMBER HKM DALAM ARTI FORMIL           ADALAH YANG DIKENAL DR “BENTUK”.

            2. SUMBER HUKUM DALAM ARTI      MATEREIL ADALAH MENENTUKAN            “ISI” DARIPADA HUKUM .

            YG TERPENTING ADALAH SUMBER HKM FORMIL DLM KETATANEGARAAN RI
n  SUMBER HUKUM FORMIL
A.SUMBER HUKUM FORMAL
                               
                                DISEBUT JUGA KONSTITUSI
                                NAMUN MEMPUNYAI PENGERTIAN
                                YANG LEBIH LUAS DARIPADA UUD
n  MENURUT SARJANA
A.HERMAN HELLER
            KONSTITUSI LBH LUAS DRPD UUD, SB KONSTITUSI SIFATNYA TDK HANYA YURIDIS SEMATA TETAPI JUGA BERSIFAT SOSIOLOGI DAN POLITIS SEDANG UUD BAG DR KONSTITUSI (DIE GESSCHREIBEN VERVASSUNG) KONTITUSI YANG TERTULIS 

B.ARISTOTELES

            UUD                            PERJANJIAN YI ATR RAJA DGN RAKYAT YG DISEBUT  “LEGAL FUNDAMENTALIS”  YG PUNYA HAK ATAU KEWAJIBAN MASING-2 YAITU
            REX MELIPUTI HAK RAKYAT DAN REGNUM YAITU HAK RAJA UNTUK MEMERINTAH
C.OLIVER CROMWELL

            UUD SEBAGAI INSTRUMENT OF GOVERMMENT YAITU SEBAGAI PEGANGAN UNTUK MEMERINTAH .
            UUD DISAMAKAN DGN KONSTITUSI TETAPI DISINI DALAM PENGERTIAN MEMBATASI KEKUASAAN PEMERINTAH SEHINGGA TIDAK BERSIFAT SEWENANG-WENANG
n  SIFAT  UUD
1.FLEXIBLE  YAITU MUDAH MENGIKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN DAN MEMUAT HAL-HAL POKOK

2.RIGID  YAITU TIDAK MUDAH MENGIKUTI ZAMAN (LIHAT PASAL 37 UUD 1945)
n  FUNGSI  UUD
1.MEMPUNYAI TUJUAN  MENJAMIN ADANYA HAK-HAK ASASI WARGA NEGARA AGAR TIDAK TERJADI PERBUATAN SEWENANG-WENANG
2.SBG LANDASAN MENYELENGGARA
            KAN AKTIVITAS KENEGARAAN DAN KEPENTINGAN RAKYAT (SOLUS POPULE SUPREMENE LEX)
n SUMBER HUKUM FORMAL
MENURUT
A.TAP MPRS NO.XX/MPRS/1966
            1. UUD
                 SEBAGAI INDUK DARI SEGALA      PERUNDANG-UNDANG YANG ADA               
                ( SUMBER DARI SEGALA SUMBER                 HUKUM / NORMA DASAR )             
           
               
2.KETETAPAN MPR
            MULAI DIGNKAN PD SIDANG MPRS PERTAMA (PSL.3 UUD 1945) BHW MPR MENETAPKAN GBHN.
            MENURUT TAP MPR NO.1/MPR/1978 PASAL 100 BENTUK PUTUSAN ADA 2 :
            a.  KEPUTUSAN (KEDALAM)
            b.  KETETAPAN (MENGIKAT KEDALAM          DAN KELUAR)
3.UU / PEPERPU
            PASAL 5 AYAT (1) UUD 1945
            “PRESIDEN BERSAMA-SAMA DPR MEMBUAT UU “

            PASAL 22 AYAT (1) UUD 1945
            PRERSIDEN DPT MENGELUARKAN PEPERPU TANPA HARUS MENDAPAT PERSETUJUAN DPR
n  DASAR PEPERPU
           
            NEGARA DALAM KEADAAN SITUASI
            “KEGENTINGAN MEMAKSA” 
   ( SOLUS POPULE SUPREMENE LEX
            ATAU KESELAMATAN RAKYAT ADALAH
            HUKUM TERTINGGI )
            NEGARA DALAM KEADAAN BAHAYA (STAATSNOODRECHT) DIBEDAKAN :
            1.STAATSNOODRECHT YG OBYEKTIF 
                                TIMBULNYA BAHAYA                                                MENGANCAM NEGARA TELAH                               DPT DIBAYANGKAN
            2.STAATSNOODRECHT SUBYEKTIF
                                TIMBULNYA BAHAYA BLM DPT             DIBAYANGKAN KEMUNGKINAN
                                SEBELUMNYA
PASAL 22 AYAT (1) UUD 1945
            DLM HAL IKHWAL KEGENTINGAN MEMAKSA MK PRESIDEN BERHAK MENETAPKAN PEPERPU YG DISEBUT
            DGN NOODVERORDENINGS RECHTS
            YI KEGENTINGAN MEMAKSA ADALAH DALAM ARTI KEADAAN MEMAKSA MK TANPA PERSETUJUAN DPR DPT MENGELUARKAN PEPERPU
           
JADI PENGERTIAN DASAR DARIPADA ;

1.NOODVERORDENINGS RECHT ADALAH NEGARA DALAM KEADAAN MENDESAK
                                                SEDANGKAN

2.STAATSNOODRECHT ADALAH NEGARA DALAM KEADAAN BAHAYA
n ASAS PERUNDANG-UNDANGAN
1.UU TIDAK BOLEH BERLAKU SURUT
2.UU YG BERLAKU KEMUDIAN MEMBATALKAN UU YG TERDAHULU
3.UU YG DIBUAT OLEH LEMBAGA LEBIH TINGGI KEKUATANNYA JG LEBIH TINGGI
4.LEX SPECIALIS DEROGAT LEX GENERALIS
5.UU TDK DPT DIGANGGUGUGAT (TAP MPR NO.VI/MPR/1973, HAK MENGUJI MATEREIL YG BERLAKU DIBAWAH UU)
n  4.PERATURAN PEMERINTAH
            PASAL 5 AYAT (2) UUD 1945 BHW

            PRESIDEN MENETAPKAN PP UNTUK MENJALANKAN UU.

            TIDAK MUNGKIN PRESIDEN MENETAPKAN PP SEBELUM ADA UNDANG UNDANG
n  5.KEPUTUSAN PRESIDEN
            PERTAMA KALI DIKENAL BERDASARKAN SURAT PRESIDEN RI TGL. 20 AGUSTUS 1959 NO.2262/HK/1959. KEPRES ADALAH KEPUTUSAN YG BERSIFAT KHUSUS (EINMALIG) UTK MELAKSANAKAN :
            1.KETENTUAN UUD 1945
            2.KETETAPAN MPR (BID EKSEKUTIF)
            3.PERATURAN PELAKSANA
            KEPUTUSAN PRESIDEN DAPAT DIBEDAKAN MENJADI 2 MACAM :
            1. SBG TINDAKAN PENGATURAN DLM             RANGKA MENJLNKAN KEKUASAAN              PEMERINTAH SEPANJANG     PRES      BERPDPT TDK MEWAJIBKAN DAN               MERUPAKAN       PERSOALAN YG   SEDERHANA
            2. SBG TINDAKAN PENETAPAN          SEPERTI                YG DIMAKSUD DALAM      MEMORANDUM DPR-GR
n  2. CONVENTION
A.BELLEFROID

            INLEIDING TUT DE RECHTS
             WETENSCHAP IN NEDERLAND”

            KEBIASAAN MELIPUTI PERATURAN YG DITETAPKAN OLEH PEMERINTAH TETAPI DITAATI SELURUH RAKYAT
2.A.K. PRINGGONDIGDO

            CONVENTION ADALAH SUATU
            KELAZIMAN-KELAZIMAN YG TIMBUL
            DALAM PRAKTEK HIDUP


3.A.V. DICEY

            CONVENTIONS OF CONSTITUTION
            MELIPUTI ;
            A.  UNDERSTANDING (PENGERTIAN-2)
                 MISAL : RAJA HARUS MENSAHKAN              SETIAP RENCANA UU YANG            DISETUJUI OLEH KEDUA MAJELIS     DALAM PARLEMEN          
2.HABITS (KELAZIMAN-2)
            MISAL : MAJELIS TINGGI TIDAK AKAN MENGAJUKAN SESUATU RENCARA UU KEUANGAN

3.PRACTICES (PRAKTEK-2)
            MISAL MENTERI MELETAKAN JABATAN
            NYA APABILA MEREKA TIDAK MENDAPATKAN KEPERCAYAAN DARI MAJELIS RENDAH
n SYARAT TIMBULNYA KEBIASAAN
1.HARUS ADA PERBUATAN DAN HARUS DIIKUTI OLEH UMUM or SEBAGIAN GOLONGAN SAJA (MISAL DLM LAP PERDAGANGAN )
2.HARUS ADA KEYAKINAN HUKUM DR GOL ORANG-2 YG BERKEPENTINGAN YG DISBT “OPINIO JURIS SEU NECESSITAS” YANG TERDIRI DARI ;
a.KEYAKINAN HUKUM DALAM ARTI
   MATEREIL YI SUATU ATURAN HUKUM ITU ADALAH MENURUT HUKUM YANG BAIK

b.KEYAKINAN HUKUM DALAM ARTI
            FORMIL YI ATURAN ITU HARUS DIIKUTI DAN DITAATI TANPA MENGINGAT AKAN NILAI PADA ISI ATURAN TSB.
n  3. TRAKTAT
BELLEFROID

            TRAKTAT ADALAH PERJANJIAN YANG
            TERIKAT PADA BENTUK TERTENTU SEDANGKAN PERJANJIAN TIDAK SELALU TERIKAT PADA BENTUK TERTENTU

n PROSES PEMBUATAN TRAKTAT
A.ADANYA PENETAPAN (SLUITING)
            PD TAHAP INI TJD PERUNDINGAN YG MENYANGKUT KEPENTINGAN MSG-2 NEG DAN BERUPA “CONCEPT VEDRAG” (ISI PERJANJIAN)
B.PERSETUJUAN
            ISI PERUNDINGAN DIPARAF SEBAGAI PERSETUJUAN SEMENTARA KRN MASIH HARUS MENDAPAT PERSETUJUAN DPR
C.PENGUATAN (BEKRACHTIGING)
            YI SETELAH ADA PERSETUJUAN BARU DILAKUKAN PENGESAHAN (RATIFFICATIE) DARI MASING-2 KEPALA NEGARA
D.PENGUMUMAN (AFKONDIGING)
            YI HASIL YG TELAH DIRATIFIKASI KEMUDIAN DIUMUMKAN DALAM SUATU MoU
n SUMBER HUKUM MENURUT TAP MPR.NO.III/MPR/2000
PASAL 2 TERDIRI DARI
1.UUD 1945
2.TAP MPR RI
3.UNDANG UNDANG
4.PERPU
5.PERATURAN PEMERINTAH
6.KEPRES
7.PERATURAN DAERAH
n SUMBER HUKUM TATA NEGARA MENURUT UU NO. 10 THN 2004
            PASAL 7 AYAT 1 BHW HIRARCHI PERUU MELIPUTI :
            1.UU/PEPERPU
            2.PERATURAN PEMERINTAH
            3.PERATURAN PRESIDEN
            4.PERATURAN DAERAH
n KHUSUS UNTUK PERDA PASAL 7 AYAT (2) HURUF “e”
1.PERDA PROPINSI DISEBUT DEWAN PERWAKILAN PROPINSI BERSAMA GUBERNUR
2.PERDA KAB/KOTA DISEBUT DPRD/ KOTA BERSAMA WALIKOTA/BUPATI
3.PERATURAN DESA/PERATURAN YG SETINGKAT DIBUAT OLEH BADAN PERWAKILAN DESA BERSAMA KADES
nBAB VI
KONSTITUSI
-             UUD DISEBUT JUGA KONSTITUSI

-             KONSTITUSI PUNYA ARTI LBH LUAS KRN SIFATNYA BISA TERTULIS DAN TIDAK
            TERTULIS DAN JUGA BERSIFAT YURIDIS, SOSIOLOGIS DAN POLITIK
n  UU NOMOR 12 TAHUN 2011

.

.
n  OLIVER CROMWELL
            PENYAMAAN KONSTITUSI DENGAN UUD DIMULAI SEJAK TAHUN 1649-1960 YANG MENAMAKAN UUD SEBAGAI “ INTRUMENT of GOUVERMENT “ YAITU UUD DIBUAT SEBAGAI PEGANGAN UNTUK MEMERINTAH   DISINILAH TIMBULNYA DARI PENGERTIAN KONSTITUSI DAN UUD.
n  LAFAYETTE (1787)
Ø PENGERTIAN KONSTITUSI DIMASUKAN KE PERANCIS (1789).
Ø PENGANUT PAHAM MODERN INI ADALAH “LASALLE” (BUKU : UBER VERFASSUNG SWESSEN) BAHWA KONSTITUSI YANG SESUNGGUHNYA MENGGAMBARKAN HUBUNGAN ANTARA KEKUASAAN YANG TERDAPAT DALAM MASYARAKAT (MISAL : HUB KEPALA NEGARA, PARPOL DLL).

n  STRUYCKEN
Ø  PENGANUT PAHAM MODERN : KONSTITUSI ADALAH UUD, HANYA BERBEDA BAHWA KONSTITUSI MEMUAT GARIS-GARIS BESAR DAN ASAS-ASAS TENTANG ORGANISASI DARIPADA NEGARA.
Ø  KESALAHAN PAHAM MODERN TERLETAK PADA PENYAMAAN ARTI PADA KONSTITUSI DENGAN UUD SEDANGKAN KONSTITUSI SEBENARNYA TIDAK BERSIFAT YURIDIS SEMATA TETAPI JUGA SOSIOLOGIS DAN PRAKTIS.
n  KARL SCHMITT
Ø BUKU : VERFASSUNGSLEHRE.
Ø MEMBAGI KONSTITUSI DALAM 4 HAL :
1.KONSTITUSI DALAM ARTI ABSOLUT
            A.KONSTITUSI DIANGGAP SEBAGAI KESATUAN ORGANISASI NYATA YANG         MENCAKUP SEMUA BANGUNAN    HUKUM.
            B.KONSTITUSI SEBAGAI BENTUK NEGARA     ADALAH DALAM ARTI KESELURUHAN.


            C.KONSTITUSI SEBAGAI FAKTOR       INTERGRASI YANG BERSIFAT         ABSTRAK (HUB ANTARA BANGSA &             NEGARA DENGAN KEBANGSAAN)      SERTA YANG BERSIFAT FUNGSIONAL          (KARENA TUGAS KONSTITUSI        MEMPERASATUKAN BANGSA MELALUI PEMILU)
            D.KONSTITUSI SEBAGAI SISTEM YANG            TERTUTUP DARI NORMA HUKUM                 TERTINGGI DIDALAM MASYARAKAT.
2.KONSTITUSI DALAM ARTI RELATIF.
            A.KONSTITUSI SEBAGAI TUNTUTAN DARI      KAUM BERJOIS LIBERAL AGAR HAK-            HAKNYA DIJAMIN & TIDAK     DILANGGAR OLEH PENGUASA.
            B.KONSTITUSI SEBAGAI KONSTITUSI               DALAM ARTI FORMIL ATAU TERTULIS.
3.KONSTITUSI DALAM ARTI POSITIF (KARL               SCHMIT) DIARTIKAN SEBAGAI                       “KEPUTUSAN YANG TERTINGGI” YANG     BERHUBUNGAN DENGAN PEMBUATAN      UUD YG MENENTUKAN NASIB RAKYAT.
4.KONSTITUSI DALAM ARTI IDEAL.
            KARENA MERUPAKAN IDAMAN KAUM BERJOIS LIBERAL, SEPERTI JAMINAN BAGI RAKYAT AGAR HAK-HAK ASASINYA DIJAMIN
n  KARL LOEWENSTEIN
JENIS PENILAIAN KONSTITUSI :
1.NILAI NORMATIF.
            KONSTITUSI SELAIN BERARTI HUKUM TETAPI JUGA MERUPAKAN SUATU KENYATAAN DALAM ARTI SEPENUHNYA DIBERLAKUKAN SECARA EFERKTIF DENGAN KATA LAIN KONSTITUSI DILAKSANAKAN SECARA MURNI DAN KONSEKWEN.

2.NILAI NOMINAL.
            MENURUT HUKUM MEMANG BERLAKU TETAPI KENYATAANNYA TIDAK SEMPURNA.
3.NILAI SEMATIK.
            SECARA HUKUM BERLAKU TETAPI DALAM KENYATAANNYA HANYA SEKEDAR UNTUK MEMBERI BENTUK DARI KETENTUAN YANG ADA & UNTUK MELAKSANAKAN KEPENTINGAN KEKUASAAN POLITIK (HANYA SEKEDAR ISTILAH SAJA).
n  FERDINNAND LASSALLE
BUKU : UBER VERFASSUNGSWESSEN
Ø MEMBAGI KONSTITUSI KEDALAM 2 PENGERTIAN :
1.SOSIOLOGIS (POLITIS).
            SYNTHESE DARI FAKTOR KEKUATAN YG NYATA (DEREELE MACHTSFSCTOREN) DALAM MASYARAKAT YAITU MENGGAMBARKAN HUBUNGAN ANTARA PENGUASA.
2.YURIDIS (JURIDISCHE BEGRIP).
            ADALAH SUATU NASKAH YANG MEMUAT SEMUA BANGUNAN NEGARA DAN SENDI-SENDI PEMERINTAHAN.

Ø  PENGANUT PAHAM YANG MENYAMAKAN ANTARA KONSTITUSI SAMA DENGAN UUD TETAPI BILA DILIHAT SECARA SOSIOLOGIS/
            POLITIS MAKA LASSALLE MENGANUT PAHAM BAHWA KONSTITUSI SESUNGGUHNYA LEBIH LUAS DARIPADA UUD.


n  STRONG dan WHEART
BUKU : MODERN CONSTITUTION (1975).
Ø KONSTITUSI DAPAT DIKLASIFIKASIKAN :
1.TERTULIS DAN TIDAK TERTULIS.
2.FLEKSIBLE DAN RIGID.
3.DERAJAT TINGGI DAN RENDAH.
4.NEGARA SERIKAT DAN NEGARA KESATUAN.
5.SISTEM PRESIDENSIL DAN SISTEM PARLEMENTER 
n  LORD BRYCE
Ø  TIMBULNYA KONSTITUSI :
1.KEINGINAN DARI RAKYAT UNTUK MENJAMIN HAK-HAKNYA JIKA TERANCAM SERTA MEMBATASI TINDAKAN PENGUASA
2.KEINGINAN DARI YANG DIPERINTAH/ YANG MEMERINTAH YANG HENDAK MENYENANGKAN RAKYATNYA DENGAN JALAN MENENTUKAN SUATU SISTEM TATA PEMERINTAHAN SEHINGGA DI KEMUDIAN HARI TIDAK TERJADI TINDAKAN SEWENANG-WENANG PENGUASA.
3.KEINGINAN DARI PEMBENTUK NEGARA YANG BARU UNTUK MENJAMIN ADANYA CARA PENYELENGGARAAN NEGARA YANG PASTI DAN DAPAT MENJAMIN SERTA KEBAHAGIAAN.
4.KEINGINAN UNTUK MENJAMIN ADANYA KERJASAMA YG EFEKTIF ANTARA NEG-NEG YANG PADA UMUMNYA BERDIRI SENDIRI DISAMPING KEHENDAK UNTUK MEMILIKI HAK-HAK DAN KEPENTINGAN TERTENTU YG AKAN DIURUS SENDIRI.
n  STRONG
BUKU: MODERN POLITICAL CONSTITUTION
Ø PERUBAHAN KONSTITUSI :
1.DAPAT DILAKUKAN OLEH PEMEGANG KEKUASAAN LEGISLATIF, AKAN TETAPI MENURUT BATASAN TERTENTU. PERUBAHAN INI DAPAT DILAKUKAN DENGAN CARA :
            A.MELALUI SIDANG DARI ANGGOTA                LEGISLATIF.
            B.DILAKUKAN DIMANA LEMBAGA    KERAKYATAN TERSEBUT HARUS DIBUBARKAN DAHULU KEMUDIAN              DILAKUKAN PEMILU.
            C.DILAKUKAN OLEH PEMEGANG      KEKUASAAN LEGISLATIF YANG     PEMERINTAHANNYA MENGANUT 2            (DUA) KAMAR (BE CAMER)
2.PERUBAHAN KONSTITUSI YANG DILAKUKAN RAKYAT DENGAN CARA REFERENDUM.
3.PERUBAHAN DILAKUKAN OLEH NEGARA SERIKAT (DALAM HAL INI ADALAH LEMBAGA PERWAKILAN RAKYAT AKAN TETAPI KESEPAKATAN TERAKHIR ADA DITANGAN NEGARA BAGIAN).
4.PERUBAHAN DILAKUKAN DENGAN CARA KONVENSI KENEGARAAN (PERUBAHAN DILAKUKAN OLEH LEMBAGA KHUSUS YANG DITANGANI OLEH LEMBAGA KONSTITUAI). 
n  BAB  VII
DEMOKRASI
Ø  BERASAL DARI KATA “DEMOS” DAN “CRATIEN” YG BERARTI PEMERINTAHAN YG DIPEGANG OLEH RAKYAT (OF THE PEOPLE, FOR THE PEOPLE AND BY THE PEOPLE ).

Ø  ENCYKLOPEDIA INDONESIA : SISTEM PEMERINTAHAN YG MENGAKUI HAK SEGENAP MASYARAKAT UNTUK MEMPENGARUHI KEPUTUSAN POLITIK BAIK LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG.
Ø  ENCYKLOPEDIA UMUM : PEMERINTAHAN DENGAN PENGAWASAN RAKYAT.

Ø  M. DURVERGER
            BUKU : “ LES REGIMES POLITIQUES “ MENGATAKAN BAHWA GOLONGAN YANG DIPERINTAH DAN MEMERINTAH ADALAH SAMA.

Ø  PLAMENAZT.
            PEMERINTAHAN ORANG-ORANG YG DIPILIH SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP YG DIPERINTAH.
Ø MOCH. HATTA

            (DALAM CERAMAH DI UNIVERSITAS SUN YAT SEN, KANTON 11 OKT 1957) DEMOKRASI ASLI INDONESIA ADALAH DEMOKRASI KOLEKTIF YG MENGANDUNG DIDALAMNYA CITA-CITA DEMOKRASI SOSIAL YAITU MENGANDUNG “MUSYAWARAH DAN MUFAKAT BESERTA USAHA GOTONG ROYONG”.

Ø DEMOKRASI  ADALAH UNTUK MEWUJUDKAN ADANYA PARTISIPASI ATAU PERAN SERTA RAKYAT DIDALAM PEMERINTAHAN, DIMANA UNSUR IKUT SERTA SEBAGAI RAKYAT DIDASARKAN ATAS ADANYA PERSAMAAN POLITIK, PERSETUJUAN DAN ADANYA PENGAKUAN HAK-HAK ASASI MANUSIA.


n  PENGGOLONGAN DEMOKRASI
1.DEMOKRASI LANGSUNG (DIRECTE DEMOCRATIE) YAITU BILAMANA RAKYAT BERKUMPUL BERSAMA-SAMA UNTUK MEMBUAT UU NEGARA YG DIPERLUKAN (SEPERTI DI SWIS, YUNANI, SWEDIA DAN BEBERAPA NEGARA BAGIAN AMIRIKA SERIKAT DENGAN SISTEM REFERENDUM)
2.DEMOKRASI PERAWAKILAN/TIDAK LANGSUNG (REPRESENTATIVE DEMOCRATIE).
            SELURUH RAKYAT YG TELAH DEWASA MEMILIH WAKIL-WAKILNYA UNTUK DUDUK DALAM DPR (PUSAT DAN DAERAH) YG AKAN MELAKSANAKAN PEMERINTAHAN (UMUMNYA DIANUT OLEH NEGARA MODERN).
n  BENTUK DEMOKRASI
1.DALAM ARTI FORMAL (BENTUKNYA).

   ADANYA KEMAUAN RAKYAT YANG MERUPAKAN KEHENDAK DARI SEBAGAIAN RAKYATNYA (VOLONTE GENERALE  DARI ROUSSEAU) TANPA ADANYA BATASAN YANG DAPAT DIJADIKAN JAMINAN BAGI KEMERDEKAAN INDIVIDU.
2.DALAM ARTI MATEREIL (ISINYA).

            DEMOKRASI DAPAT DIARTIKAN DALAM ARTI LUAS YAITU DAPAT DITINJAU DARI SUDUT ISINYA SEBAGAI SALAH SATU ALAM PIKIRAN YANG MENUNTUT TERWUJUDNYA KEMERDEKAAN DAN KEADILAN BAGI SETIAP ORANG.
n   JENIS DEMOKRASI
1.DEMOKRASI BARAT.
            MENYELENGGARAKAN PAHAMNYA BERDASARKAN PAHAM KEBEBASAN/
            LIBERALISME DENGAN MENGUTAMAKAN
            KEBEBASAN INDIVIDU.
2.DEMOKRASI TIMUR.
            REAKSI DARI PAHAM LIBERAL DAN BERPAHAM KOMUNIS DENGAN TUJUAN MENCAPAI MASYARAKAT YG SAMA/SOSIALITIS MELALUI DIKTAKTOR PROLKETAR DENGAN JALAN KEKERASAN SEHINGGA HAM TIDAK MENDAPAT PERHATIAN.
3.DEMOKRASI DENGAN BENTUIK SENDIRI.
            MERTUPAKAN IDENTITAS SENDIRI DARI MASING-MASING NEGARA DIMANA KONSEPNYA DIDASARKAN KEPADA DASAR STRUKTURAL DAN IDEAL DARI NEGARA YBS DENGAN SUATU PROSES ATAU ALKULTURASI PROSES DENGAN SIKAP AMBIVALENT (DIAMBIL DARI SISTEM BARAT DAN TIMUR.
Ø  SL.WITMAN & JJ. WUEST.
            BUKU : “VISUAL OUTLINE of COMPERATIVE GOUVERNMENT”.
            SUASANA KETATANEGARAAN MELIPUTI 2 SUASANA YAITU :
            1.SUPRA STRUKTUR ; BERKAITAN DENGAN               ALAT PERLENGKAPAN NEGARA YG MELIPUTI     KEDUDUKAN/KEKUASAAN, WEWENANG, TUGAS DAN HUBUNGAN.
            2.INFRA STRUKTUR : MELIPUTI BEBERAPA                GOLONGAN SEPERTI, PARPOL, GOL             KEPENTINGAN, ALAT KOMUNIKASI POLITIK,         GOL PENEKAN DAN TOKOH POLITIK.
n  DEMOKRASI INDONESIA ???.....
Ø NEGARA INDODNESIA MENGANUT DEMOKRASI PANCASILA YAITU DEMOKRASI YG MELAKSANAKAN KE 5 ASAS YG DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR PEMERINTAHAN DARI RAKYAT.
Ø ISTILAH DEMOKRASI PANCASILA PERTAMA KALI DIGUNAKAN DALAM TAP MPRS NO.XXXVII/MPRS/1968 TENTANG PEDOMAN PELASAKSANAAN DEMOKRASI PANCASILA.
Ø PRESIDEN SOEHARTO
            DALAM PIDATONYA DI MUNAS GERAKAN PRAMUKA TGL. 12 APRIL 1976 MENGATAKAN BAHWA DEMOKRASI YG KITA JALANKAN IALAH DEMIKRASI PANCASILA YG NORMA-NORMA POKOKNYA, HUKUM DASARNYA TELAH DIATUR DALAM UUD 1945.
Ø DEMOKRASI PANCASILA BERARTI DEMOKRASI KEDAULATAN YG DIJIWAI DENGAN NILA-NILAI YG ADA DALAM PANCASILA.
n UNSUR-UNSUR DEMOKRASI PANCASILA
1.KEADAAN MASYARAAKAT SENANTIASA BERUBAH-RUBAH/BERGERAK MAJU KEARAH YG LEBIH MAJU.
2.PERBUATAN MASYARAKAT TERJADI KARENA DORONGAN DARIPADA PERBAUATAN MANUSIA DAN OLEH KARENANYA MANUSIA DAPAT/HARUS BERBUAT UNTUK MEMBENTUK YG LEBIH MAJU.
3.DIDALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DAN BERNEGARA HARUS ADA TOLERANSI, KONSENSI DAN SALING MEMBERI.

4.KEYAKINAN AKAN KEBENARAN AKAL YANG AKAN MENCAPAI KEMENANGAN DIATAS AKAL YANG TIDAK SEHAT.
n  ASAS DEMOKRASI PANCASILA
1.KESEIMBANGAN DIANTARA KEPENTINGAN INDIVIDU & MASYARAKAT.
2.KESEIMBANGAN ANTARA DIMENSI HIDUP FISIK & DIMENSI HIDUP KEROHANIAN YG PERMANEN DARI MANUSIA.
3.KESEIMBANGAN ANTARA NILAI-NILAI INTERGRATIF (MORAL, AGAMA DLL).
4.KESEIMBANGAN ANTARA TUJUAN & CARA UNTUK MENCAPAI TUJUAN.
5.KESEIMBANAGAN ANTARA KEMERDEKAAN DAN KEADILAN.
6.KESEIMABANGAN ANTARA HUBUNGAN BANGSA DENGAN BANGSA LAIN.
n  ASAS DEMOKRASI
1.ASAS PERSAMAAN HAK DAN PERAN SERTA.
2.ASAS MUSYAWARAH DAN MUFAKAT.
3.ASAS KEKELUARGAAN DAN GOTONG ROYONG.
4.ASAS PERSAMAAN DALAM IPOLEKSOSBUDHANKAM.
n  TIPE DEMOKRASI
1.DEMOKRASI DENGAN SISTEM PRESINDENSIL.

            SISTEM PEMERINTAHAN PERWAKILAN RAKYAT YANG REPRESENTATIF DENGAN SISTEM PEMISAHAN KEKUASAAN. DISAMPING PEMBANGIAN KEKUASAAN (DIVISION of POWER) SEKALIGUS TERDAPAT PEMISAHAN KEKUASAAN (SEPARATION of POWER). PADA DASARNYA KEKUASAAN EKSEKUTIF TERPISAH DENGAN BADAN PERWAKILAN RAKYAT DAN BEGITU JUGA KEKUASAAN YUDIKATIF.
2.DEMOKRASI DENGAN SISTEM PARLEMENTER.

            SISTEM PEMERINTAHAN PERWAKILAN RAKYAT YANG REPRENSTATIF DENGAN SISTEM PEMISAHAN KEKUASAAN TETAPI DIANTARA BADAN-BADAN YG DISERAHI KEKUASAAN ITU TERUTAMA ANTARA EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF DAPAT SALING MEMPENGARUHI (SEPERTI DI BELANDA DENGAN BICAMERAL).
3.DEMOKRASI DENGAN SISTEM REFERENDUM.

            SISTEM PEMERINTAHAN PERWAKILAN RAKYAT YANG REPRESENTATIF DENGAN PENGAWASAN SECARA LANGSUNG OLEH RAKYAT.
Ø  DAPAT DILAKUKAN DENGAN 2 CARA :
1.REFERENDUM OBLIGATOR.
            BERLAKU & MENGIKAT SUATU RUU TERGANTUNG PADA PERSETUJUAN RAKYAT TERBANYAK TERLEBIH DAHULU (BIASA BERHUBUNGAN DENGAN KONSTITUSI NEGARA).
2.REFERENDUM FAKULTATIF.
            SUATU PERATAURAN HARUS DIUMUMKAN DAHULU OLEH BADAN LEGISLATIF DAN DITENTUKAN JANGKA WAKTUNYA (DISOSIALISASIKAN DAHULU) SEBELUM DIBERLAKUKAN SECARA SAH.



Tidak ada komentar: