"Sebab itu Marilah Mendatangkan Damai Sejahtera dan Berguna untuk Saling Membangun"(Roma 14:19)

Minggu, 13 Oktober 2013

DUKUNG PROGRAM PLN BERSIH





Suatu Apresiasi karena tepat pada tanggal 27 oktober 2013 dimana diperingati Hari Listrik Nasional yang ke 68 yang akan segera tiba.untuk menyemarakkan acara tersebut,PT PLN PERSERO(www.pln.co.id) bekerja sama dengan blogdetik.com(www.blogdetik.com) membuat suatu Lomba blog bertema tentang PLN BERSIH(www.plnbersih.com)
sesuai dengan program utama PLN(www.pln.co.id) saat ini yaitu “PLN Bersih(www.plnbersih.com), No Suap, No Korupsi, No Gratifikasi”. PLN(www.pln.co.id) telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Komitmen PLN(www.pln.co.id) ini dikenal dengan PLN Bersih. (www.plnbersih.com)
Untuk itu dalam blog ini saya akan menuliskan tentang bagaimana pelayanan PLN(www.pln.co.id) kepada masyarakat luas,terutama saya sendiri selaku,pengguna jasa PLN. (www.pln.co.id)
          Dalam saat ini terjadi banyak keluhan,kritikan dan masukan dari masyarakat  tentang pelayanan PT PLN PERSERO(www.pln.co.id) dimana seringnya terjadi pemadam listrik di berbagai daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia.juga dalam kasus yang banyak terjadi yaitu adanya praktek KKN,yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.bukan menjadi suatu hal yang aneh lagi untuk diketahui,jika PLN(www.pln.co.id) sendiri terlalu sering melakukan pemadaman listrik terutama tepat pada hari-hari besar,seperti dalam menyambut bulan suci ramadhan.natal,bahkan tepat pada jam krusial malam hari,dimana listrik sendiri menjadi kebutuhan pokok masyarakat.apalagi pada malam hari.itulah yang menjadi masukan dan kritikan dari publik terhadap pihak PLN(www.pln.co.id) bagaimana selaku penyedia layanan listrik menyikapi dan memberikan jawaban,agar masyarakat sendiri tidak terganggu dalam aktivitasnya.karena kita ketahui sendiri kebutuhan listrik menunjang kegiatan pokok aktivitas masyarakat sehari-hari.untuk saat ini saya sendiri melihat pihak PLN(www.pln.co.id) sudah bekerja dengan baik,dengan membuat suatu kebijakan “listrik prabayar” Listrik Pra Bayar adalah salah satu terobosan terbaru yang di canangkan oleh PLN(Perusahaan Listrik Negara) Indonesia. Terdapat berbagai keuntungan dari program ini yaitu :
  1. Privasi tidak terganggu
  2. Tidak adanya SANKSI pemutusan
  3. Tidak adanya Uang Jaminan Pelanggan
  4. Tidak adanya biaya beban bulanan
  5. Kemudahan pembelian Listrik Isi Ulang kapan saja, bisa di ATM, Teller atau di loket-loket pembayaran rekening listrik
  6. Pemakaian konsumsi listrik dapat dikendalikan
  7. Pelanggan dapat memantau pemakaian listrik
  8. Pelanggan dapat menyesuaikan pemakaian listrik  *)

Bertujuan dari itu semua,pihak PLN(www.pln.co.id) menjadi tidak terlalu menanggung beban penunggakan pembayaran rekening listrik dari masyarakat konsumen yang menunggak sampai berbulan-bulan.masyakat,harus membeli token sesuai dengan nominal yang telah ada dan ditetapkan untuk mendapatkan pasokan listrik.kebijakan tersebut sangat baik juga karena untuk mencegah terjadi pencurian arus listrik,yang sebelumnya kasus tersebut banyak terjadi yang sengaja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang merugikan PLN(www.pln.co.id) sendiri.dan kebijakan ini pula berdampak baik dimana riset membuktikan,listrik token prabayar mengajarkan masyarakat untuk hemat penggunaan listrik tersebut.semoga kedepan nya program kebijakan tersebut berdampak positif bagi kita semua,agar permasalahan seperti di atas tidak terjadi lagi.
Dalam kasus lain yang banyak terjadi,dimana banyak terjadi “pungli” yang dilakukan oleh petugas PLN(www.pln.co.id) di lingkungan masyarakat dalam memberikan layanan listrik,benar kah itu terjadi?untuk menjawab hal tersebut,masyarakat harusnya mengikuti ketetapan berlaku,yang apabila terjadi permasalahan dalam pemasangan ataupun kerusakan,baiknya masyarakat membuat suatu bentuk pengaduan langsung ke kantor layanan listrik PLN(www.pln.co.id) yang telah ada di daerah masing-masing.biarkan pihak PLN(www.pln.co.id) menanggapinya,PLN(www.pln.co.id) resmi dan berhak untuk bagaimana cara terbaik menyelesaikan permasalahan anda tersebut.kalaupun ada petugas di lapangan meminta imbalan,sebaiknya jangan diberikan,karena semua sudah dalam prosedur yang telah ada dan ditetapkan pihak PLN. (www.pln.co.id)

PLN bersih ? (www.plnbersih.com)

Dalam untuk menciptakan hal yang demikian,mari kita semua sama-sama mendukung kebijakan PT PLN PERSERO(www.pln.co.id) yang menyerukan “PLN Bersih, No Suap, No Korupsi, No Gratifikasi”.kebijakan tersebut sangat baik, guna untuk menjalankan praktek penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme, sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.kalaupun adanya terjadi hal yang tidak baik,laporkan aduan anda ke tempat yang tepat,dalam menyelesaikan masalah tersebut.bentuk inilah yang menjadikan hal baik bagi kita semua.peran serta masyarakat berpengaruh demi kemajuan bersama.

referensi: *)
(www.pln.co.id)